245 WNI di Wuhan Cihna Siap Pulang ke Indonesia

Lebaknews.com | Tim evakuasi telah tiba di Bandara International Tianhe, Wuhan, guna mengevakuasi 245 orang Warga Negara Indonesia (WNI). Mereka dievakuasi imbas merabaknya virus corona di Wuhan China.

Sebelum pesawat tiba, sejak sabtu (1/2/2020) pagi, para WNI sudah bersiap untuk menuju titik kumpul dari tempat tinggal mereka masing – masing. Namun tak hanya WNI yang tinggal di Wuhan, akan tetapi juga WNI Wilayah lain di Provinsi Hubei.

Suasana jelang evakuasi WNI di Wuhan. Foto: Dok. Duta Besar RI Beijing

Dalam foto – foto yang dibagikan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing, ratusan WNI ini berangkat secara bersama – sama dengan menggunakan bus menuju bandara. Nampak semua WNI memakai masker untuk mengantisipasi virus corona.

Tak banyak barang yang mereka bawa. Kebanyakan hanya membawa satu koper dan tas ransel dan tas jinjing.

*** Baca Juga : 6.000 Penumpang Kapal Pesiar Italia Diisolasi Akibat Virus Corona

Senyum salah satu WNI di Wuhan saat dievakuasi. Foto: Dok. Duta Besar RI Beijing

Sebelum berangkat ke bandara, para WNI yang telag duduk di dalam bus melakukan doa bersama agar diberikan keselamatan sampai tiba di tanah air Indonesia.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri (Menlu), Retni Marsudi, menyebut setidaknya ada lima titik WNI di Provinsi Hubei, yang di dalamnya termasuk Kota Wuhan. WNI yang berada di lima titik itu seluruhnya menuju titik kumpul kepulangan di Bandara Tianhe guna dievakuasi.

Sebagai mana dilansir dari Kumparan “Satu titik di Kota Enshi yang jaraknya 542 km, Huangshi Jaraknya 100 km, Jingzhou jaraknya 222 km ini jarak dari Airport Wuhan, kemudian Xianning 98 km, dan juga di Wuhan itu sendiri. Dimana total semua ada lima titik,” jelas Retno di Bandara Soekarno – Hatta, Cengkareng, Tangerang.

WNI di dalam bus yang digunakan untuk mengevakuasi. Foto: Dok. Duta Besar RI Beijing

Sesampainya di Bandaran tiap – tiap rombongan di Bandara Wuhan, para WNI mengisi formulir kenegaraan. Belum diketahui secara pasti kapan mereka akan dipulangkan ke Indonesia. Namun, 245 orang WNI beserta 42 kru akan dipulangkan dengan pesawat Batik Air yang ditunjuk oleh Pemerintah.

Mereka tidak langsung dibawa ke Jakarta, melainkan diterbangkan ke Natuna, Kepulauan Riau, untuk dilakukan observasi selama 14 hari. Tak hanya WNI yang di pulangkan dari Wuhan, tapi observasi berlaku juga bagi tim yang mengevakuasi, kru Batik Air, dan Pesawat yang menjemput ke Wuhan.

WNI di Wuhan mengisi data sebelum proses evakuasi. Foto: Dok. Duta Besar RI Beijing

Menteri Luar Negeri Rento juga memastikan 245 WNI yang dipulangkan dari Wuhan dalam kondisi sehat dan telah dicek kondisinya oleh tim yang datang terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ole777

Ole777