Antisipasi Virus Corona, Lebak Terus Pantau Peningkatan Pneumonia

Lebaknews.com | Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak terus melakukan pemantauan dan pengamatan khusus kasus Pneumonia di Lebak sebagai salah satu upaya langkah pencegahan agar tidak ada penyebaran wabah virus Corona yang berasal dari Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, dr. Firman Rahmatullah mengatakan, pemantauan kasus Pneumonia adalah bahagian dari pelaksanaan surat edaran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

Surat Edaran ditujukan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi dan Kabupaten, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan Balai Besar/Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (B/BTKL-PP) dan rumah sakit rujukan Nasional dan Reguler.

“Untuk mengantisipasinya penyebaran Virus Corona, kami sudah menyampaikan edaran dari Kemenkes ke Layanan Kesehatan,” Ujar Firman.

Baca Juga : Korban Jiwa Akibat Virus Corona Melonjak Jadi 106 Orang

Dalam surat edaran itu, Kementerian Kesehatan meminta kepada seluruh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mengamati peningkatan kasus Pneumonia yang terjadi di wilayahnya.

“Gejala ini sebenarnya hampir sama, Pneumonia Dengan gejala batuk dan pilek, karena ini virus disertai demam yang tinggi serta mengalami sesak nafas akibat peradangan paru,” Jelas Firma.

Petugas kesehatan Rumah Sakit dan Puskesmas sudah diinstruksikan untuk memantau ketat dan melakukan isolasi pasien dengan gejala Pneumonia dan memiliki riwayat perjalanan dari negara yang terjangkit dalam 14 hari sebelum munculnya gejala.

Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota agar segera melaporkan kasus suspek Pneumonia berat yang memiliki perjalan dari negara terjangkit yang ditembuskan ke Ditjen P2P melalui Public Health Emergency Operation Centre (PHEOC).


Sumber : Kabar6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ole777

Ole777