Banjir Pesanan, Perajin Pandai Besi Di Lebak Merauk Cuan Jelang Idul Adha

lebaknews.com, LEBAK– Berbekal alat tradisional, Pria yang biasa di sapa godel (42) Warga Kampung Cipasung, Desa Sukarendah, Kecamatan Warunggunung, Lebak Banten Kebanjiran Pesanan. Pasalnya menjelang Hari Raya Idul Adha pesanan seperti pembuatan golok dan pisau meningkat tajam, Kamis, ( 30 Mei 2024 ).

Saat di temui di kediaman nya Godel mengungkapkan, pesanan golok dan pisau lebih meningkat pada hari- hari biasanya. Pada hari-hari biasa paling banyak 20 buah pisau dan golok, namun menjelang hari raya kurban 1445 Hijriah meningkat hingga 40 buah per harinya.

“Alhamdulilah lumayan ramai, banyak yang datang,”tandasnya.

Untuk pembuatan pisau dirinya mengaku menghabiskan waktu paling lama 1 jam, sedangkan untuk pembuatan golok memakan waktu 1 jam hingga 1 jam lebih tergantung motif dan ukurannya.

Baca Juga : Jelang Hari Raya Kurban, Pengusaha Arang Rumahan di Lebak Meningkat


“Kadang-kadang sejam, ya gimana tingkat kesulitannya,”ucapnya

Seperti salah satu pelanggan nya Ocid ( 53 ) warga Desa Bojong Leles mengaku rutin datang ke tempat pandai besi ini, terutama menjelang hari Raya kurban, untuk mempersiapkan pisau dan golok agar lebih tajam pada saat di gunakan memotong dan menguliti kambing kurban.

“Setiap hari raya kurban saya sering ke sini, buat persiapan, sebentar lagi kan lebaran, potong sapi, potong kambing”Ujarnya.

Harga untuk satu buah pisau di jual berpariasi, mulai dari harga Rp. 100.000 Rupiah hingga Rp. 120.000 Rupiah. Sedangkan golok di bandrol Rp. 200.000 Rupiah hingga Rp.300.000 Rupiah. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ole777

Ole777