jika Kembali Terpilih Jadi Presiden Amerika Serikat Donald Trump Akan Biarkan Putin Serang Negara NATO, Kenapa?

CAROLINA SELATAN, Lebaknews.com – Donald Trump akan membiarkan Presiden Rusia Vladimir Putin menyerang negara NATO jika dirinya terpilih kembali sebagai Presiden Amerika Serikat (AS).

Namun, menurut Trump, ia akan tetap membiarkannya terhadap negara NATO yang tidak membayar sesuai pedoman belanja pertahanan.

Trump pun lebih menegaskan akan membebaskan Rusia untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan kepada negara-negara tersebut.

“NATO dikalahkan sampai saya datang. Saya akan katakan,’semua orang akan membayar’. Mereka akan mengatakan ‘jika kami tak membayar, apakah Anda masih akan melindungi kami?’ Saya akan katakan, ‘sama sekali tidak’. Mereka tak percaya dengan jawaban itu,” tutur Trump pada kampanyenya di Carolina Selatan seperti dikutip dari CNN, Sabtu (10/2/2024).

Pernyataan Trump itu pun menegaskan bahwa ia tak akan mematuhi klausul pertahanan kolektif yang menjadi jantung dari NATO.

Trump menambahkan, ada salah satu presiden negara besar yang bertanya apakah AS akan melindungi negara yang diinvasi Rusia, meski jika mereka tak membayar sesuai pedoman belanja pertahanan.

Baca Juga : PEMUDA LEBAK SELATAN : Onekraft Gelar Seminar Kewirausahaan “Generasi Muda Siap Berwirausaha”

“Tidak, saya tak akan melindungi Anda,” katanya mengingat apa yang diungkapkannya kepada presiden tersebut.

“Faktanya, saya akan mendorong mereka (Rusia), untuk melakukan apa pun yang mereka mau. Anda harus membayar. Anda harus membayar tagihan Anda,” tambahnya.

Gedung Putih pun langsung menanggapi pernyataan Trump dan menyebutnya mengerikan, serta tak terkendali.

Mereka pun memuji upaya Presiden AS Joe Biden untuk memperkuat aliansi tersebut.
“Presiden Biden telah memulihkan aliansi kita, dan membuat kita lebih kuat di dunia, karena ia tahu bahwa tanggung jawab pertama setiap panglima tertinggi adalah menjaga keamanan rakyat Amerika dan memegang teguh nilai-nilai kita,” ujar juru bicara Gedung Putih Andrewa Bates..

“Mendorong invasi terhadap sekutu terdekat kita oleh rezim pembunuh adalah hal yang mengerikan dan tak tertahan, membahayakan keamanan nasional Amerika, stabilitas global dan perekomian kita di dalam negeri,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ole777

Ole777